Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Daun Serai

Daun serai adalah salah satu bumbu dapur yang menjadi bahan masak bagi banyak makanan di Indonesia. Namun, selain bermanfaat dalam masakan, ada juga manfaat daun serai bagi kesehatan.

Pada artikel kali ini, Yoona akan membahas manfaat daun serai bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui. Tak perlu menunggu lama, yuk baca artikelnya!

Jenis Daun Serai 

Ternyata, serai memiliki dua jenis yang berbeda. Kedua jenis serai itu adalah serai merah dan serai biasa yang berwarna putih.

Serai merah, seperti warnanya, berwarna merah. Serai ini memiliki panjang daun sekitar 90 hingga 100 sentimeter. Sementara itu, serai biasa dengan warna putih berukuran lebih pendek, dengan panjang daun sekitar 60 sentimeter.

Kandungan pada serai merah dan serai biasa pun berbeda. Serai biasa memiliki antioksidan, protein, karbohidrat, zat besi, kalsium, dan vitamin C. Semua kandungan ini baik untuk kesehatan.

Di sisi lain, serai merah terkenal dengan minyak citronella yang berperan sebagai antijamur, antimikroba, dan antiseptik.

Berdasarkan perbedaan kandungan tersebut, serai merah dan serai biasa memiliki perbedaan kegunaan. Serai merah biasa digunakan sebagai bahan minyak esensial, sedangkan serai biasa digunakan sebagai bumbu dapur. Contoh makanan yang menggunakan serai sebagai salah satu bahannya yaitu ayam goreng serai dan daun singkong masak serai.

Manfaat Daun Serai

Manfaat daun serai bagi manusia sangat banyak. Tak hanya daunnya, batang serai juga bermanfaat. Inilah beberapa di antaranya yang perlu menjadi perhatian:

  1. Mengusir Nyamuk

Indonesia adalah negara tropis dengan populasi nyamuk yang cukup banyak. Termasuk juga nyamuk Aedes aegypti yang bisa menyebabkan demam berdarah.

Populasi nyamuk yang tidak terkontrol tentu berbahaya bagi kesehatan. Namun dengan serai, nyamuk bisa diusir. 

Caranya adalah menumbuk batang serai dan mendiamkannya beberapa saat setelah tidur.

  1. Mengobati Infeksi Saluran Kencing

Manfaat daun serai selanjutnya adalah untuk pengobatan Infeksi Saluran Kencing. Bumbu dapur yang satu ini bisa mengobati Infeksi Saluran Kencing karena mengandung antimikroba yang bisa menghilangkan bakteri.

Untuk mendapat manfaat ini, kamu bisa mengonsumsi teh serai.

  1. Melancarkan buang air kecil

Kalau kamu sering sulit buang air kecil, kamu bisa mulai mengonsumsi serai. Ini karena serai memiliki manfaat untuk melancarkan buang air kecil.

Serai menimbulkan efek diuretik yang merangsang ginjal mengeluarkan lebih banyak urin. Kalau kamu minum air serai, kamu akan lebih banyak kencing daripada mengonsumsi minuman lainnya.

  1. Mengatur kadar kolesterol

Dalam tubuh, ada kolesterol jahat dan kolesterol baik. Kadar kolesterol jahat harus diturunkan, sementara kadar kolesterol baik harus dipertahankan atau ditingkatkan.

Daun serai bisa mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Ini karena daun dan akar serai bersifat anti-hiperlipidemia dan anti-hiperkolesterolemia.

Jika kamu mengonsumsi teh serai secara rutin, kamu bisa mengontrol kadar kolesterol dalam tubuhmu.

  1. Menyembuhkan penyakit kulit

Terakhir, ada manfaat daun serai untuk kecantikan. Daun serai ternyata bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit kulit.

Manfaat yang satu ini dihasilkan oleh daun serai merah. Serai merah bisa mempercepat penyembuhan luka dan mengobati penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi. Misalnya kudis dan kurap.

Mengapa serai bisa mengobati penyakit kulit? Ini karena serai merupakan salah satu bahan makanan yang berperang sebagai anti infeksi jamur. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *