Sangat Populer, Pahami Apa Itu ASMR dan Manfaatnya

Istilah ASMR baru-baru ini menjadi tren di kalangan YouTuber dan pengguna media sosial lainnya. Apa itu ASMR dan bagaimana bentuknya? ASMR adalah akronim dari Autonomous Sensory Meridian Response, juga dikenal sebagai gambaran munculnya sensasi berdetak di area tubuh tertentu (biasanya kulit kepala, leher, atau punggung) karena rangsangan visual atau pendengaran.

Sensasi ini sering digambarkan sebagai kesemutan atau merinding. Bagi banyakan orang, sensasi gemetar yang terjadi saat melihat ASMR sebenarnya dapat membuat tubuh rileks, membuat merasa senang, dan bahkan membuat kamu tertidur.

Apa Itu ASMR dan Jenisnya

Jika kamu memasukkan kata kunci ‘ASMR’ saat menjelajah internet, ada banyak video dengan jenis ASMR yang berbeda. Beberapa jenis video ASMR yang umum termasuk gerakan yang ditujukan untuk merangsang sensasi tertentu, seperti berbisik, mengklik meja, menggaruk, mengunyah, dan mencicipi suara.

kamu dapat membuat berbagai video ASMR. Misalnya, kamu dapat mensimulasikan beberapa prosedur medis, potong rambut, pijat tubuh, dan tutorial melipat handuk. kamu mungkin juga familiar dengan video ASMR berupa makan makanan tertentu dengan suara yang jernih.

Bagaimana dengan apa itu ASMR food atau ASMR makanan? Apa berbeda dengan ‘mukbang’? Banyak yang salah mengira, keduanya sangat berbeda. Istilah mukbang datang dari Korea yang memiliki arti makan dalam siaran langsung.

Manfaat dan Kegunaan Menonton Video ASMR

Saat ini, jutaan video ASMR diposting di media sosial seperti Youtube, TikTok, Instagram, dan lainnya. Bahkan, ada jutaan pengguna YouTube yang mengunggah video mereka melakukan aktivitas ASMR. Berikut beberapa manfaat dari sering mendengarkan ASMR.

Membawa Rasa Tenang

Menurut sebuah penelitian di University of Sheffield, banyak orang yang menonton video ASMR mengklaim bahwa mereka merasa lebih baik setelah mendengar video ASMR.

Saya juga merasa lebih tenang dan memiliki detak jantung yang lebih rendah daripada mereka yang tidak mendengarkan ASMR.

Para peneliti juga melihat video ASMR untuk melihat apakah mereka dapat menyebabkan perubahan fisik seperti relaksasi dan penurunan detak jantung.

Mengatasi Gejala Insomnia

Banyak orang yang mengatakan ASMR cocok dinikmati oleh penderita insomnia, bahkan para ahli video ASMR mengklaim menjadi lebih mudah tertidur. Untuk memanfaatkan ini, kamu dapat mendengarkan ASMR melalui podcast atau video yang diunggah secara online.

Siaran ASMR biasanya dilakukan dengan bisikan lembut, menggosok lembut kedua tubuh, menyisir rambut, atau aktivitas lain yang bertujuan untuk bersantai.Uniknya, meski ASMR dan mukbang berbeda, keduanya memiliki manfaat dalam bantu atasi gejala insomnia lho.

Masih belum banyak penelitian yang menunjukkan efek baik dan buruk secara pasti dari ASMR dan mengapa orang sangat menyukai ASMR. Salah satu alasan di balik popularitas video ASMR mungkin karena tampilan dan kualitas video ASMR yang ditawarkan.

Mendapatkan Perasaan yang Lebih Positif

Selain merasa rileks, penelitian tersebut melaporkan bahwa mereka yang mengikuti ASMR juga merasa lebih positif dan mudah bergaul. Efek ASMR mirip dengan meditasi. Tentu saja, tidak ada penjelasan pasti mengapa hal itu menciptakan perasaan paling positif ini.

Masuk akal untuk menenangkan diri dan memotivasi banyak emosi positif. Biasanya termasuk pekerjaan sehari-hari yang malas.

Oleh karenanya, bila membicarakan apa itu ASMR baik jenis dan manfaat atau efeknya semua tergantung pada penyedia konten ASMR, serta penikmat konten itu sendiri. Sama seperti jenis konten lain yang bisa kamu jumpai di Youtube.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *