Cara Memutihkan Wajah dengan Daun Sirih, Efektifkah?

Standar kecantikan setiap orang berbeda-beda. Ada yang menganggap kulit putih itu cantik, tetapi ada pula yang lebih menyukai kulit kecoklatan. Bagi orang Indonesia, memiliki kulit putih masih menjadi primadona. Sehingga, banyak orang yang berusaha mencari tahu cara memutihkan wajah. Salah satu cara memutihkan wajah adalah menggunakan daun sirih. Kalau kamu ingin kulitmu putih, yuk simak artikel tentang cara memutihkan wajah dengan daun sirih berikut ini!

Cara Memutihkan Wajah dengan Daun Sirih

Cara memutihkan wajah bukan berarti membuat wajahmu jadi putih tidak natural. Istilah yang benar yaitu mencerahkan wajah. Mencerahkan wajah berarti membuat wajahmu menjadi cerah sesuai dengan skin tone masing-masing.

Salah satu bahan yang bisa digunakan untuk memutihkan wajah adalah daun sirih. Cara memutihkan wajah dengan daun sirih adalah sebagai berikut:

  1. Menggunakan masker daun sirih

Masker bermanfaat untuk mencerahkan wajah. Daun sirih bisa menjadi bahan masker untuk memutihkan wajah.

Cara menggunakan daun sirih sebagai masker yaitu menumbuk daun sirih dan mencampurnya dengan air dan madu hingga membentuk pasta. Jika kamu punya air mawar, kamu juga bisa menggunakannya. 

Setelah itu, oleskan masker daun sirih di wajah dan diamkan kira-kira 15 menit. Jika sudah 15 menit, bersihkan wajah.

  1. Menggunakan air rebusan daun sirih

Cara selanjutnya adalah menggunakan air rebusan daun sirih. Langkahnya, rebus daun sirih dan saring daun tersebut. Diamkan air rebusan hingga dingin. Kamu bisa menggunakan air tersebut untuk membasuh wajah atau sebagai face spray.

Cara Memutihkan Wajah Lainnya

Selain menggunakan daun sirih, ada hal lain yang bisa dilakukan untuk mencerahkan wajah. Inilah cara yang bisa kamu lakukan:

1.Melakukan eksfoliasi

Eksfoliasi adalah suatu cara untuk menghilangkan sel kulit mati dan mendorong kulit untuk memproduksi yang baru. Eksfoliasi membuat kulit menjadi halus dan cerah.

Jenis eksfoliasi ada 2, yaitu physical exfoliation (eksfoliasi fisik) dan chemical exfoliation (eksfoliasi kimiawi). Eksfoliasi fisik dilakukan dengan menggosok wajah, biasanya menggunakan scrub dengan butiran-butiran yang kasar. Bahan yang digunakan pun sifatnya natural, seperti gula.

Di sisi lain, eksfoliasi kimiawi menggunakan bantuan bahan kimia yang berbentuk cair untuk membersihkan sel kulit mati. Umumnya, bahan kimia yang digunakan adalah Alpha Hydroxy Acid (AHA) dan Beta Hydroxy Acid (BHA).

Meski memiliki efek yang baik bagi kulit, eksfoliasi sebaiknya tidak dilakukan setiap hari. Eksfoliasi yang terlalu sering bisa menyebabkan kulit iritasi atau breakout.

2.Menggunakan timun

Kalau kamu sering menonton televisi, kamu mungkin sering melihat adegan di mana seseorang meletakkan timun di wajahnya. Untuk apa, ya? Ternyata, timun bisa berguna untuk mencerahkan wajah.

Manfaat timun terutama bisa kamu rasakan untuk menghilangkan mata panda. Untuk memperoleh manfaatnya, kamu bisa memotong timun menjadi potongan tipis dan meletakkannya di mata. Diamkan selama 5 hingga 10 menit.

3. Menggunakannya produk kojic acid

Jika cara memutihkan wajah dengan daun sirih belum efektif, kamu bisa menggunakan kojic acid. Kojic acid adalah bahan yang efektif untuk memutihkan wajah. Hal ini disebabkan kojic acid dapat menurunkan produksi melanin, zat yang memberi warna pada kulit manusia. Kalau kamu memiliki kulit yang gelap, itu artinya kadar melanin dalam tubuhmu lebih banyak daripada orang-orang berkulit cerah.

4. Menggunakan produk niacinamide

Niacinamide, bahan yang satu ini sedang populer sebagai bahan pencerah wajah. Niacinamide merupakan bahan yang bisa meningkatkan hidrasi dan mengurangi peradangan pada kulit. Produk dengan kandungan niacinamide juga bisa membuat pori-pori kulit terlihat mengecil serta mengurangi kulit kusam dan garis halus pada kulit.

5. Menggunakan produk vitamin C

Produk yang mengandung vitamin C bisa menetralisir radikal bebas dan meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

Selain menggunakan produk yang mengandung vitamin C, kamu juga bisa jus lemon yang dicampur dengan air. Kamu bisa menggunakan campuran tersebut dengan kapas ke wajahmu lalu mendiamkannya selama 15 menit. Setelah itu, bersihkan wajahmu.

Cara memutihkan wajah dengan daun sirih bisa kamu pilih jika ingin kulitmu terlihat lebih cerah. Selain daun sirih, kamu juga bisa melakukan eksfoliasi, menggunakan timun, dan menggunakan produk berbahan kojic acid, niacinamide, serta vitamin C.

Memutihkan wajah bukanlah hal yang wajib untuk dilakukan. Jika standar kecantikan orang-orang di sekitarmu adalah kulit putih, kamu tidak wajib mengikutinya. Hal yang paling penting adalah mencintai dirimu sendiri, apapun kondisi kulitmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *